Cara Jadi Anak Kos Super Hemat Tapi Tetap Sehat, Bisa Kok!

Cara Hemat Di Kos – Hidup sendiri tak ada yang menemani. Mungkin ungkapan inilah yang kadang pas untuk menggambarkan kondisi kita sebagai anak kos. Banyak kendala yang harus kita hadapi sebagai anak kos apalagi untuk kita yang baru pertama kali ngekos.

Mulai dari jauh dari orang tua, harus hemat pengeluaran, mengurus diri sendiri di saat sakit dan masih banyak lagi. Nah, kali ini akan saya bahas pengalaman saya saat dulu jadi anak kos yang berhasil hemat tapi tetap sehat. Bagaimana itu? berikut adalah tips dari saya.

Cara Cari Kos Murah

Kita mulai dari yang paling dasar dulu ya yaitu tempat tinggal. Kamu bisa mencari kos murah melalui aplikasi seperti yang sudah saya tulis di sini. Nah, sekarang bagaimana kriteria kos-kosan yang murah tapi tetap sehat?

  1. Cari kos-kosan yang dekat dengan pemukiman penduduk yang ramai. Kenapa begini? karena di lingkungan yang ramai penduduk biasanya untuk urusan sampah akan menjadi tanggung jawab bersama. Pak RT atau RW setempat biasanya mengatur iuran untuk biaya kebersihan kepada warganya, tak terkecuali pemilik kos. Jadi lingkungan akan lebih bersih dari sampah.
  2. Cari kos-kosan baru karena cenderung lebih bersih
  3. Cari kos-kosan dengan kamar mandi luar. Biasanya kos yang seperti ini harga sewanya jauh lebih murah dari kos dengan kamar mandi dalam.
  4. Cari kos-kosan yang dekat dengan toko, minimarket, penjual makanan atau warung. Kenapa? karena kita tidak perlu kendaraan untuk membeli keperluan bulanan dan juga makanan. Bisa jadi hemat ongkos kan?

Cara Makan Hemat

Lanjut ke hal makanan ini tips dari saya:

  1. Ini untuk sebagaian orang kadang menjadi hal yang sulit tapi sebenarnya tidak sulit untuk dipelajari. Apa itu? jawabannya adalah memasak nasi sendiri. Pengeluaranmu akan sangat efisien jika kamu bisa memasak nasi sendiri dan bahkan memasak sayur dan lauk sendiri. Tapi sebenarnya masak nasi sendiri sudah cukup. Karena harga sayur 1 kantong plastik ada di kisaran Rp. 2000. 1 kantong ini bisa untuk makan 2-3 kali loh.
  2. Jangan malu untuk membawa minum sendiri saat makan di luar.

Cara Hemat Minum

Beli 2 galon. Biasanya penjual galon menyediakan antar gratis untuk pembelian 2 atau lebih galon. Selain galon aqua/cleo di kisaran harga 15-20rban sebenarnya ada juga galon isi ulang yang jauh lebih murah 5000-8000 pun sudah dapat tapi saya tidak merekomendasikan.

Cara Berobat Hemat

Saat sakit tentu kita perlu berobat nah ini tips dari saya untuk bisa hemat dalam berobat:

  1. Tips ini khusus untuk teman-teman mahasiswa. Biasanya pihak kampus akan memberikan pengobatan gratis untuk mahasiswanya. Ada apotek dan juga dokter yang dibiayai oleh kampus. Jadi sebaiknya kamu cari info dulu ya ke universitasmu.
  2. Beli obat di apotek besar. Kenapa? karena biasanya lebih murah 😀
  3. Jika kamu perlu penanganan yang lebih, kamu bisa ke klinik dokter umum dulu untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan awal.

Cara Belanja Hemat

Khususnya adalah belanja bulanan seperti sabun, sampo, sikat gigi, air minum dan lain lain belilah di supermarket yang murah. Karena berbeda di tiap daerah jadi kamu harus survei dulu ya. Intinya adalah jangan belanja di minimarket kecuali sangat kepepet.

Cara Jajan Hemat

Singkat saja, jangan jajan di minimarket karena harganya sangat mahal. Kalau kamu perlu cemilan, kamu bisa beli buah seperti pisang, jeruk dan lain-lain. Tapi kalau kamu tetap mau cemilan kamu bisa membelinya di kios cemilan kiloan.

Cara Hemat Laundry Pakaian

Caranya adalah dengan mengurangi pakaian yang akan kita laundry. Loh kok bisa? bisa dong dengan kita mencuci sendiri. Gak harus semua kok cukup kaos, celana, pakaian dalam, sprei kasur, sprei bantal, sprei guling, kaos kaki yang kita cuci sendiri. Jadi untuk kemeja dan yang lainnya yang susah untuk mencucinya dan juga butuh setrika bisa kita laundrykan saja. Tentu saja akan jauh lebih baik jika kamu cuci sendiri semua 😛 lumayan kan untuk olahraga juga.

Nah itu dia beberapa tips dari saya untuk bisa ngekos hemat tapi tetap sehat 😀 sialahkan jika ada yang ingin menambahkan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *